26 C
Medan
Sabtu, 21 September 2024

Drainase Jalan Seroja Dinormalisasi

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

akses.co – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin memimpin gotong royong untuk normalisasi drainase di Jalan Seroja Lingkungan 5,6 dan 14 Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (18/3/2018). Pasalnya, kawasan tersebut acapkali terjadi genangan air akibat penyumbatan dan penyempitan drainase.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Lingkungan 5, Kelurahan Sunggal, Supriadi mengungkapkan, hujan setengah jam saja, sepanjang Jalan Seroja sudah banjir setinggi setengah meter. Kondisi itu terjadi akibat drainase yang ada mengalami penyumbatan serta pendangkalan. Di tambah lagi drainase mengalami penyempitan sepanjang 50 meter di Jalan Beringin sehingga kelancaran buangan air menuju Sungai Bederah terganggu.

“Dulu drainase ini lebarnya 2 meter, sekarang lebarnya tak sampai 1 meter, bahkan mendekati pembuangan menuju Sungai Bederah semakin menyempit sehingga lebarnya sekarang tinggal 50 cm. Bagaimana tidak banjir, sebab semua pembuangan air menuju Sungai Bederah melalui drainase ini,” kata Supriadi.

Mendengar penjelasan tersebut, Eldin memerintahkan Kadis PU Kota Medan, Khairul Syahnan Harahap melakukan normalisasi dengan menggunakan sejumlah alat berat. Alat berat tersebut untuk mengorek drainase.

“Selain mengorek untuk memperdalam kembali drainase, kita juga melakukan pelebaran sehingga daya tampung drainase bertambah. Dengan demikian ketika hujan deras turun, drainase ini mampun menampung debit air hujan dan mengalirkannya menuju Singai Bederah. Dengan normalisasi yang dilakukan ini, insya Allah mampu meminimalisir banjir yang selama ini terjadi,” kata Eldin.

Agar pelebaran yang dilakukan tidak sia-sia, Eldin pun minta kepada Kadis PU agar membenton dinding drainase yang berbatasan langsung dengan tanah kosong. “Pembetonan ini perlu dilakukan agar pingiran drainase tidak amblas akibat tergerus air sehingga menyebabkan pendangkalan dan penyempitan kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis PU Kota Medan Kahirul Syahnan Harahap mengatakan, normalisasi akan dilanjutkan hingga mengatasi penyempitan yang terjadi di Jalan Beringin. Sehingga aliran air menuju Sungai Bederah terganggu. Di samping itu pihaknya juga akan melakukan pembetonan dinding draianse yang berbatasan dengan tanah kosong. “Pembetonan rencananya kita lakukan tahun ini. Sebab, anggarannya telah ditampung tahun ini. Termasuk pembetonan Jalan Seroja. Kita milih pembetonan agar lebih kuat dan tahan lama,” pungkasnya. (eza)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca