30 C
Medan
Jumat, 20 September 2024

Hinca Pandjaitan Gelar Reses di Kabupaten Tanah Karo

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

akses.co – Anggota Komisi III DPR RI, DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH melakukan reses Tahun 2018 di Tanah Karo, Sumatera Utara, Senin (26/02/2018). Reses tersebut dirangkaikan dengan diskusi rembug bangsa bersama warga Karo.

Hinca Pandjaitan yang juga Sekjen DPP Partai Demokrat terjun menyerap aspirasi masyarakat. Pertemuan dengan kalangan aktivisi, pers dan budayawan fokus membicarakan upaya perbaikan nasib pengungsi dan petani di Tanah Karo akibat dampak erupsi gunung Sinabung yang berkepanjangan hingga saat ini.

“Kita mulai rembug bangsa mulai dari sini.Bagaimana nasib warga pengungsi dan petani akibat letusan gunung Sinabung. Harus ada langkah dan terobosan baru dari pemerintah. Kita harapkan perhatian serius pemerintah pusat maupun daerah,” ungkap Hinca Pandjaitan.

Dalam pertemuan penuh keakraban itu, Hinca menerima keluhan dari para petani akibat erupsi debu panas gunung berapi yang merusak tanaman sayur dan buah. Akibatnya, banyak petani gagal panen dan mengalami kerugian cukup banyak.

Untuk meminimalisir kerugian, petani mengharapkan adanya bantuan alat penghisap debu vulkanik. Dengan menggunakan alat itu, debu yang lengket di tanaman dapat cepat dibersihkan.

Terkait dengan letusan Gunung Sinabung yang berkepanjangan sejak tahun 2013 lalu hingga saat ini dinilai perlu ada perlakuan khusus dan serius.

Dalam pertemuan itu, disepakati menggelar Doa bersama pada awal April mendatang.Dalam Doa bersama nanti akan melibatkan tokoh agama dan adat menggelar ritual meminta kepada sang pencipta kiranya menghentikan letusan Gunung Sinabung.

Dalam doa dan ritual bersama nanti juga akan mengumpulkan serta mempersatukan debu vulkanik dari 9 titik gunung berapi yang ada di Indonesia. Tidak ketinggalan debu dari gunung Pusuk Buhit turut diambil dan disatukan pada ritual mendatang.

Selain itu, untuk mengenang keganasan erupsi gunung Sinabung, komunitas budayawan, si Berastagi berencana akan membuat film dokumenter. Film itu diputar bagi masyarakat umum mengetahui untuk pembelajaran kekuatan alam.

Menanggapi hal itu, Hinca Pandjaitan berjanji akan membantu dan mendukung pengadaan bantuan alat Blower pembersih debu vulkanik. Begitu juga pengumpulan debu vulkanik dari 9 titik gunung api, Hinca mendukung penuh termasuk pengambilan tanah dari Pusuk Buhit selaku asal muasal leluhur orang Batak. (din)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca