28 C
Medan
Jumat, 20 September 2024

Sebanyak 1.300 Warga Belawan Dapat Sertifikat

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

akses.co – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menyerahkan sertifikat tanah kepada 1.300 warga Kecamatan Medan Belawan, di Balai Prajurit, Rabu (24/1/2018). Pembagian sertifikat ini merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Medan.

Para penerima sertifikat tanah ini berasal dari lima kelurahan di Kecamatan Belawan. Selain itu, Eldin juga memberikan potongan Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) sebesar 75%.

Eldin menjelaskan, sertifikat sebagai alat bukti pemilik tanah mencegah sengketa, memberikan perasaan tenang dan tenteram. Dengan sertifikat, pemilik juga dapat melakukan perbuatan hukum apa saja sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang ketertiban hukum. Selain itu, sertifikat juga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi bila dijadikan jaminan hutang dengan hak tanggungan atas tanah.

“Untuk kita, saya ucapkan selamat kepada para penerima, juga apresiasi yang tinggi kepada pihak BPN Medan yang telah mampu melaksanakan kegiatan ini,” ucapnya.

Eldin mengingatkan warganya agar benar-benar menyimpan sertifikat tersebut pada tempat yang aman. Soalnya, tidak mudah untuk menerbitkan sertifikat tanah tersebut. Oleh karena itu dirinya menilai, program ini cukup membantu warga dalam mendapatkan sertifikat atas tanah yang dimilikinya. Dan tentu saja penerbitan sertifikat tanah ini harus didasari pada kejelasan alas hak dan tidak bersengketa.

Kepala Kantor BPN Medan, Saiful menyamlaikan pada 2018 ini, selain di Kecamatan Medan Belawan, pihaknya juga akan menyelesaikan sebanyak 12.000 sertifikat lagi untuk warga di Kecamatan Medan Tuntungan, Labuhan, Marelan. Dia mengharapkan, Pemko Medan tetap memberi dukungan, sehingga program ini bisa berjalan dengan sukses.

Kakanwil BPN Sumut, Bambang Priono mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan Pemko Medan atas pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ini. Kerja sama yang baik antara BPN Medan dengan aparat di tingkat kecamatan, kelurahan, maupun lingkungan, membuat program ini berjalan dengan baik. (eza)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca