30 C
Medan
Jumat, 20 September 2024

SBY: Jangan Wariskan Dendam dan Kebencian Kepada Penerus Kita

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

akses.co – Ketua Umum Partai Demokrat Prof DR Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyerukan kritikan kepada pemerintahan Presiden RI Joko Widodo. Selain kritikan, mantan Presiden RI itu juga menyampaikan pandangan, harapan, ajakan dan komitmen menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Seruan dan harapan ini disampaikan SBY secara resmi dari rumah rakyat di kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/1/2017). SBY mengingatkan terkait Pilkada dan Pemilu mendatang bukan hanya urusan para elit politik tetapi merupakan kepentingan rakyat karena berpengaruh terhadap nasib dan masa depan rakyat Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima wartawan, Jumat (5/1/2017). Dalam pidato politiknya, SBY menyampaikan harapannya, kiranya Presiden Jokowi dapat memastikan pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 dapat berjalan secara aman, damai, tertib dan lancar, serta dapat pula berlangsung secara jujur, adil dan demokratis.

Dalam hal ini Partai Demokrat mendorong pemerintah untuk terus melakukan perbaikan dan bekerja lebih gigih lagi, sehingga 2 tahun ke depan lebih banyak lagi hasil yang akan dicapai. Presiden Jokowi juga diharapkan dapat meninggalkan “legacy” yang baik dan ingin diingat oleh sejarah, yaitu berlangsungnya pilkada dan pemilu yang benar-benar “fair” dan demokratis.

Dalam ajakan yang disampaikan Partai Demokrat agar menjungjung tinggi moral dan etika politik dalam pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang. Bebas dari kecurangan dan tidak menghalalkan segala cara, apalagi yang bertentangan dengan undang-undang dan aturan pemilu. Tidak menghancurkan pesaing-pesaingnya dengan kekuatan uang besar-besaran.

“Kita harus memegang prinsip kompetisi antar saudara. Persaingan dalam persatuan. Setelah pemungutan suara dilakukan, kita harus menghormati dan menerima hasilnya. Setiap kandidat dan partai politik tentulah ingin menang. Tetapi harus siap pula menerima kekalahan. PartaiDemokrat pernah menang, pernah pula kalah. Kalau menang kami bersyukur dan tentu senang, namun tetap menjaga perasaan yang kalah. Tidak memelihara dan mewariskan dendam dan kebencian kepada penerus-penerus kita. Inilah indahnya sportifitas dalam kompetisi yang beradab.Inilah etika pemilu yang harus kita junjung tinggi, ” ajaknya.

Kepada jajaran KPU, SBY juga meminta harus mampu melaksanakan manajemen krisis, sehingga persoalan itu dapat diatasi dengan baik. Untuk itu, KPU harus senantiasa transparan dan akuntabel dalam kegiatannya. Sedangkan kepada aparatur negara seperti BIN, Polri, Kejaksaan dan TNI diingatkan tetap menjaga netralitas.

Menyikapi pernyataan politik Partai Demokrat ini, anggota Fraksi Demokrat DPRD Medan Dr Hendrik Halomoan Sitompul mengharapkan kepada semua pihak di seluruh nusantara agar menghargai seruan SBY. Selaku politisi Demokrat, Hendrik berjanji akan sepenuhnya mengkawal kebijakan Partai. “Sebagai kader Demokrat akan mengkawal seruan SBY ini, ” papar Hendrik yang juga Alumni PPRA 52 Lemhannas RI ini. (din)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca