29 C
Medan
Kamis, 19 September 2024

Pawai Obor dan Upacara Taptu Sambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Batu Bara

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

BATU BARA, aksesco.id – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pj. Bupati Batu Bara H. Heri Wahyudi melepas sekaligus memimpin pawai obor yang berlangsung meriah di Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Jumat (16/08/2024) malam.

Pawai obor ini dimulai dari Pajak Onan Simpang Dolok dan berakhir di SDN Simpang Dolok, dengan diikuti oleh para pelajar dan masyarakat setempat. Peserta pawai yang bersemangat menyanyikan lagu-lagu nasional dengan diiringi alunan musik dari marching band, menciptakan suasana penuh patriotisme.

Setelah pawai, Pj. Bupati Heri Wahyudi memimpin upacara penetapan waktu (taptu), sebuah tradisi penetapan waktu untuk mengenang jasa para pahlawan. Upacara yang diikuti oleh seluruh unsur Forkopimda, OPD Pemkab Batu Bara dan masyarakat ini ditandai dengan ziarah dan tabur bunga di makam para pejuang, yakni Muhammad Jijen bin Podung, Kobir bin Umar dan Karen Sitohang.

Sebagai bentuk penghormatan, Pj. Bupati Heri Wahyudi juga memberikan santunan kepada keluarga para pejuang. Dalam sambutannya, ia menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Malam ini, bersama Kapolres Batu Bara, Danyon 126 Kalacakti, Danlantamal dan Kajari Batu Bara, kami melakukan ziarah untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang kemerdekaan di Kabupaten Batu Bara,” ujar Pj. Bupati Heri Wahyudi.

Ia menambahkan bahwa malam Taptu ini merupakan upaya untuk memperingati perjalanan perjuangan para pahlawan yang disemarakkan dengan pawai obor sebagai simbol semangat kemerdekaan yang terus menyala di hati rakyat Indonesia. (firs)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca