29 C
Medan
Kamis, 19 September 2024

Gunakan Asam Cikala dan Danu Damo, Sumut Juara Cipta Menu di Pontianak

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

akses.co – Sumatera Utara berhasil meraih juara 1 Favorit Dewan Juri pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) berbasis sumber daya lokal tingkat nasional, Rabu (18/10). Kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA dilaksanakan dalam rangka Hari Pangan Sedunia ke XXXVII thn 2017 yang puncaknya digelar di kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua TP PKK Sumut Hj Evi Diana Erry Nuradi menerima penghargaan yang diserahkan oleh Pakar Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo.

“Alhamdulillah TP PKK Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kabupaten Serdang Bedagai berhasil meraih Juara 1 Favorit Dewan Juri,” ujar Evi Diana. Dalam lomba kali ini,ujar Evi Diana, pihaknya mencoba menggali menu dari berbagai sumberdaya lokal yang ada di Sumatera Utara.

Adapun menu yang disajikan diantaranya sawut Ubi Jagung Bungkus Bulu Damo atau Daun Damo. Menu yang disajikan oleh PKK Kabupaten Sergai sebagai utusan Sumatera Utara ini tenyata berhasil menarik minat dewan juri pada lomba tersebut.

Dijelaskan Evi Dina, Daun Damo memiliki keistimewaan yang merumakan tanaman asli dari Pulau Nias. “Daun Damo, spesifik Daun dari Kepulauan Nias ini memberi aroma pada makanan dan sekaligus mengawetkan makanan secara alami,” jelas Evi.

Selain itu, disajikan juga lauk berupa olahan Ikan tongkol dengan kelapa gongseng dan Tahu Sawi Teri Medan. Kreasi PKK Sumut lainnya adalah menuman segar yang terbuat dari sari asam cikala yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Asam Cikala sering dikenal dengan sebutan asam karo adalah bumbu yang kerap digunakan pada kuliner khas Sumatera Utara. Asam cikala biasanya digunakan sebagai bumbu yang selain memberi rasa asam pada masakan, juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan atau daging. Namun uniknya, tim lomba utusan Sumut dengan kreativitas nya membuat olahan minuan segar yang ternyata disukai oleh dewan juri.

Dalam lomba yang merupakan kerjasama Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI dan Tim Penggerak PKK Pusat ini diikuti oleh 34 TP PKK se Indonesia. Evi Diana mengharapkan prestasi yang diraih ini menjadi penyemangat dan pemacu bagi TP PKK se Sumut untuk lebih meningkatkan prestasi dan kreasi pada masa mendatang. (rur)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca