29 C
Medan
Kamis, 19 September 2024

Tanoto Foundation Bantu 3000 unit oxygen ke Kemenkes untuk Selamatkan Pasien Covid-19

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

JAKARTA, akses.co – Tanoto Foundation donasikan 3000 unit oxygen concentrator ke Kementerian Kesehatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (2/8).

sebanyak 1.000 unit pertama diterbangkan langsung dari Guangzhou, Tiongkok, dengan
pesawat sewa khusus Garuda Indonesia dan tiba di tanah air menjelang tengah malam.

Donasi ini diterima langsung langsung Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. “Setiap unit oxygen concentrator sangat berarti meringankan beban sistem kesehatan kita. Donasi oxygen concentrator ini memberi kesempatan pada pasien untuk memiliki pasokan oksigen tetap di rumah dan juga membebaskan sebagian tempat di rumah sakit agar dapat digunakan oleh mereka yang lebih membutuhkan,” kata Budi Gunadi.

Lanjutnya, mewakili pemerintah Indonesia, ia berterima kasih kepada Tanoto Foundation atas respon cepat, tanggap, dan menyeluruh yang memungkinkan kami berjuang melawan pandemi dengan sumber daya lebih baik, serta memberikan harapan untuk setiap penduduk Indonesia yang terdampak pandemi.

Sementara itu, Dr. J. Satrijo Tanudjojo, CEO Global, Tanoto Foundation mengatakan Tanoto Foundation mendukung penuh pemerintah Indonesia selama pandemi Covid-19.

“Ketika terjadi kenaikan kebutuhan oksigen cair medis dan oxygen concentrator, kami segera mengupayakan pengadaannya secara langsung melalui jejaring kami di dalam dan luar negeri. Kami bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mendistribusikannya ke rumah sakit
di Indonesia,” kata Dr. J. Satrijo Tanudjojo.

Ia menjelaskan, sejak awal Juli 2021, Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk membantu mengatasi kekurangan pasokan oksigen akibat kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

“9 Juli 2021, pengiriman pertama sebanyak 100 ton dari total 500 ton oksigen cair untuk kebutuhan medis untuk didistribusikan ke rumah sakit di Jawa dan Bali. 13 Juli 202 sebanyak 1500 unit oxygen concentrator tiba di Jakarta sebagai bagian dari donasi bersama 16 organisasi termasuk Tanoto Foundation dan Temasek Foundation yang membawa total 11000 oxygen concentrator ke Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan, Tanoto Foundation mengadakan 2.000 oxygen concentrator tambahan langsung dari Foshan, Tiongkok, yang terdiri dari 1.400 unit single-channel oxygen concentrator dengan kapasitas
10L/menit dan 600 unit double channel oxygen concentrator dengan kapasitas 10L/menit.

Menurutnya, Tanoto Foundation juga mendonasikan 1 juta masker medis, 1 juta sarung tangan, 100.000 alat pelindung
diri (APD), dan 30.000 pelindung mata untuk tenaga kesehatan Indonesia di tengah
kekurangan pasokan peralatan medis. Semua donasi ini tiba dalam 10 hari pertama pelaksanaan PSBB. (Red)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca