28 C
Medan
Jumat, 20 September 2024

Disbudpar Sumut Gagas Paket-paket Wisata Danau Toba

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

MEDAN, akses.co – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut terus melakukan berbagai upaya untuk memulihkan dan membangkitkan kembali kunjungan para wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang dan menikmati keindahan Danau Toba.

Salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara, dan menambah kegairahan pariwisata di Sumatera Utara tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Hj Hidayati M.Si, menyambut langsung kedatangan para wisatawan domestik asal Kec Ciomas, Kab Bogor Jawa Barat sebanyak 64 orang dengan memberikan ulos, saat tiba di Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA), beberapa waktu yang lalu.

”Hal ini diharapkan dapat menambah semangat gairah pariwisata di Sumut,” terang Kadisbudpar Sumut Dr Ir Hj Hidayati M.Si.

Menurutnya, pihaknya juga akan membuat dan menawarkan paket wisata yang menarik untuk menimbulkan minat wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi indahnya alam Danau Toba. Hidayati mengajak untuk dapat menyingkapi hal tersebut dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas – fasilitas yang selama ini kurang memadai, agar mampu memberi kenyamanan bagi wisatawan.

“Prinsipnya, mari kita sama-sama meningkatkan sadar wisata, jika itu sudah dimiliki tentu kita akan menjaga alamnya, sarana dan prasarana, serta kondisi dan prilaku terhadap kepada semua wisatawan yang berkunjung,” terangnya.
Hidayati juga berharap, agar pelaku pariwisata serta industri pariwisata selalu meningkatkan pelayananya, serta memberikan fasilitas yang aman dan nyaman. Salah satunya adalah bagi pihak transportasi ,dengan sadar wisata yang tinggi tentu akan menciptakan kenyaman, dan petugasnya tidak berbuat lebih dari standarnya. Kemudian, adalah dengan meningkatkan pelayanan di hotel dan tempat-tempat dimana wisatawan berada.

“Mari kita buktikan, bahwa kita bisa menyikapi ini dengan baik, mari memperbaiki diri dan meningkatkan seluruh amenitas, accesibilitas, atraksi yang ada dan didalamnya ada hospitality,” paparnya.

Salah seorang wisatawan yang tergabung dalam wisatawan domestik asal Bogor yang mengunjungi Danau Toba, Drs Darsono M.Si menyampaikan bahwa dirinya baru petrama kali berkunjung ke Danau Toba. “Kami setiap tahun mengadakan kegiatan wisata.Dan pada tahun 2018 ini, melalui keputusan bersama dipilihlan untuk dengan mengunjungi Danau Toba,” terangnya.

Drs Darsono M.Si juga menyampaikan, bahwa selain Danau Toba , Sumatera Utara juga terkenal dengan banyaknya destinasi wisata. “Secara pribadi, saya melihat Danau Toba dari televisi saja. Karena penasaran, saya harus mengetahui dengan mengunjunginya, ” ungkapnya.

Selain itu, jalin hubungan dengan para pelaku pariwisata yang ada di Indonesia, membuat paket-paket wisata yang menarik dan terjangkau, dengan demikian kita akan memperkenalkan destinasi wisata di Sumut. Kunjungan wisatawan asal Bogor ke Danau Toba ini, merupakan bentuk hubungan kerjasama yang dilakukan oleh Tengku Feria Aznita, yang mampu menyakinkan rombongan tersebut untuk berwisata ke Danau Toba.

Dalam keteranganya itu, Tengku Feria Aznita juga mengatakan kalau dirinya banyak mendengar rasa kagum yang disampaikan oleh anggota wisatawan domestik asal Bogor tersebut. Seperti yang dilontarkan oleh salah seorang anggota rombongan, Drs. H. Maman Lukman, M.Pd.

“Saya kagum dan takjub dengan pesona keindahan Danau Toba. Saya bisa melihat alam yang dipadu dengan kebudayaan. Rombongan kami juga sempat ikut belajar menortor, serta melihat kuburan Raja Sidabutar di Tomok dan lainnya,” tandas Maman. (rih/rel)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca