30 C
Medan
Jumat, 20 September 2024

Desa Sibandang, Destinasi Indah Andalan di Danau Toba

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

TAPUT, akses.co – Pesona keindahan alam yang dimiliki Danau Toba, tak henti- hentinya mengundang decak kagum, bagi siapa saja yang melihatnya. Destinasi wisata Desa Sibandang, yang berada di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, pun menjadi perhatian Kementerian Pariwisata.

Desa Sibandang, merupakan sebuah desa di sebuah pulau kecil Sibandang yang berada di areal Danau Toba. Tak jauh, lokasinya hanya sekitar 30 menit dari Bandara Silangit. Dan untuk mencapai Desa Sibandang, kita harus menyeberangi Danau Toba dari pelabuhan Muara.

Pelabuhan kecil di Muara ini cukup vital bagi warga Pulo Sibandang, karena satu satunya akses keluar masuk pulau. Ada juga dermaga-dermaga kecil khusus penumpang, sehingga aktivitas warga tetap terjamin.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sebelumnya pernah menyampaikan harapanya agar Desa Wisata Sibandang erus berbenah, dan menjadi homestay yang bisa diandalkan. “Sebagai destinasi prioritas, Danau Toba membutuhkan banyak amenitas,” katanya.

Menurutnya, sebagai destinasi prioritas, Danau Toba harus terus diperkuat unsur 3A, yaitu amenitas, atraksi, dan aksesibilitas. Kehadiran Desa Wisata Sibandang bisa memperkuat atraksi dan amenitas di Tapanuli Utara.

Menurut Kabid Destinasi Area I Pengembangan Destinasi pariwisata Regional I, Kementerian Pariwisata Widjanarko, Pulo Sibandang harus terus berbenah agar bisa menjadi destinasi pilihan di sekitar Danau Toba.

“Potensi Pulo Sibandang sangat tinggi. Sejak awal tiba dari pelabuhan, kita sudah disodori view yang bagus. Masyarakatnya juga ramah. Kita disambut dengan sangat baik. Yang menjadi tugas adalah bagaimana menaikkan value Pulo Sibandang,” paparnya.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional I Kementerian Pariwisata Lokot Ahmad Enda, menilai, secara potensi Sibandang memang memiliki potensi besar. “Dan terlihat dari masyarakatnya yang sangat antusias. Mereka juga sangat ramah dan siap menerima wisatawan. Tapi, itu saja tidak cukup. Masyarakat harus sadar potensi pariwisata yang mereka miliki. Jadi, mereka pun sadar terhadap kebersihan dan lainnya,” ujarnya. (rih/int)

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca