29 C
Medan
Kamis, 19 September 2024

Kepling 6: Astra Sudah Banyak Kali Bantu Kami

Menarik untuk dibaca

Redaksi
Redaksihttps://www.akses.co/
Redaktur berita di https://www.akses.co
- Advertisement -[the_ad_placement id="artikel-bawah-judul-diatas-teks"]

akses.co – Kehadiran Kampung Berseri Astra (KBA) di Lingkungan 6, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara selama tiga tahun terakhir memberikan angin segar bagi warga sekitar.

4 pilar seperti kewirausahaan, kesehatan, pendidikan dan lingkungan yang dibangun Astra Internarsional berhasil dikembangkan oleh masyarakat Lingkungan 6 itu.

Kepala Lingkungan 6, Tri Suci Ariati mengungkapkan kehadiran KBA di Lingkungan 6, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara membuat banyak perubahan bagi warga. Tidak hanya dari segi ekonomi, namun juga dari segi pendidikan dan kesehatan. Lingkungan 6, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara dengan jumlah 468 Kepala Keluarga (KK) dan 1308 jiwa itu sangat terbantu dengan adanya program KBA Cengkeh Turi itu.

“Astra sudah banyak kali bantu kami, saya pun bingung bilangnya,” ungkapnya di KBA Cengkeh Turi, Binjai, Sabtu (10/11/2018).

Tri Suci Ariati mengungkapkan di bidang kewirausahaan, KBA telah membina ibu-ibu di Lingkungan 6, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara membuat kerajinan tangan seperti sarung bantal, taplak meja dan bahkan baju.

Sejumlah warga lingkungan 6 dan karyawan Astra berfose bersama di KBA Cengkeh Turi, Binjai, Sabtu (10/11/2018). (akses.co/din)
Sejumlah warga lingkungan 6 dan karyawan Astra berfose bersama di KBA Cengkeh Turi, Binjai, Sabtu (10/11/2018). (akses.co/din)

Selain itu, KBA Cengkeh Turi, Binjai juga melatih para ibu-ibu membuat kripik, kue bawang dan donat.

Tak pelak lagi, ibu-ibu di Lingkungan 6, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara itupun menjadi terpacu untuk mandiri, membantu keuangan rumah tangga.

“Astra tidak memberikan modal, tapi memberikan pelatihan. Setidaknya, setiap dua bulan sekali Astra menghadirkan instruktur ke KBA ini, memberikan pelatihan, termasuk juga pelatihan pembukuan dan sampai pelatihan pemasaran,” ungkapnya.

Selain di bidang UMKM, Astra Internasional juga memberikan bantuan di bidang kesehatan di KBA Cengkeh Turi, Binjai. Tri Suci Ariati menambahkan Astra menyediakan sarana Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (Posyandu). “Astra memberikan lemari, tempat tidur untuk Posyandu,” ungkapnya.

Sedangkan di bidang pendidikan, Tri Suci Ariati menambahkan bahwa Astra berhasil menambah semangat siswa sekolah untuk belajar. Seperti di Sekolah Dasar (SD) Negeri 068067 di Jalan Sabit, Lingkungan 6, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara, Astra Internasional mengecat dinding sekolah, merehabilitasi perpustakaan dan membuat pagar sekolah.

“Selain itu, Astra juga memberikan perpustakaan keliling, dengan menyediakan dua gerobak yang berisi sejumlah buku,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Tri Suci Ariati menambahkan Astra Internasional juga memberikan beasiswa untuk 35 orang siswa SD, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). “Untuk anak SD, beasiswanya sebesar Rp 480 ribu, SMP RP 630 ribu dan SMA Rp 720 ribu untuk masing-masing siswa. Beasiswa itu diberikan setahun dua kali. Jelaslah, dengan bantuan pendidikan itu, anak-anak disini jadi tambah semangat belajar,” ujarnya.

Lebih lanjut Tri Suci Ariati menambahkan di bidang lingkungan, Astra Internasional memberikan bantuan di bidang lingkungan dengan membuat sarana apotik hidup dan melatih para ibu-ibu menanam tanaman hidroponik.

Warga di Lingkungan 6, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara pun rela menyediakan lahannya untuk dijadikan apotik hidup. Sebanyak 39 tanaman yang berkhasiat untuk dijadikan obat-obatan alami pun ditanam di areal apotik hidup itu diantaranya temu lawak, temu ireng, lidah buaya, daun sirih, lengkuas merah, jambu merah, jamur tiram dan lainnya. “Kami juga diajarkan menanam tanaman hidpronik seperti kangkung, sawi dan lainnya yang bisa ditanam di halaman rumah hanya menggunakan wadah air saja,” jelasnya.

Di sisi lain, Tri Suci Ariati menambahkan ibu-ibu di Lingkungan 6, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara menjadi lebih kreatif dengan adanya KBA di wilayah itu. Terbukti, ibu-ibu itu membentuk koperasi untuk menunjang salah satu pilar KBA Cengkeh Turi, Binjai itu.

“Sekarang, sudah ada 22 anggota Koperasi Plamboyan kami. Kami mewajibkan para anggota koperasi untuk menyetor Rp10 ribu dan beras setengah kilo setiap bulannya. Sekarang, saldo koperasi kami sudah mencapai Rp 8 juta dan setiap ada anggota koperasi yang sakit dan meninggal kami kasih beras. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Astra,” pungkasnya.

Ketua KBA Cengkeh Turi, Suryawano mengungkapkan KBA merupakan program corporate social responsibility (CSR) Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program CSR diantaranya pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA.

Suryawano menambahkan KBA Cengkeh Turi, Binjai sudah mengalami banyak peningkatan. Terbukti, KBA Cengkeh Turi, Binjai sudah naik kelas, dari bintang 2 ke bintang 3. Suryawano pun menargetkan KBA Cengkeh Turi, Binjai mampu meraih bintang 5.

“Program-programnya sedang kita susun dan kita sudah tahu beberapa poin yang kurang untuk kita perbaiki, agar KBA ini bisa dapat bintang 5 itu. Masih ada dua tahun lagi untuk mengejar bintang 5 itu,” paparnya.

Untuk itu, Suryawano menambahkan pihaknya akan membuat program lain untuk membuat para warga di KBA Cengkeh Turi, Binjai itu bisa lebih mandiri. “Harapannya, di tahun 2019, kita bisa raih bintang 5 itu,” pungksanya. (din) 

- Advertisement -spot_img

Berita Selanjutnya

[gs-fb-comments]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -[the_ad_placement id="sidebar-1"]

Juga banyak dibaca